News Flash
IAIN TULUNGAGUNG

Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia, Pascasarjana IAIN Tulungagung Gelar Pagelaran Ilmiah Mahasiswa Bahasa Arab Se-Asia Tenggara

TULUNGAGUNG - Hari bahasa arab sedunia diperingati dengan nuansa ilmiah dan menggembirakan oleh pascasarjana IAIN Tulungagung. Peringatan ini dikemas dengan kegiatan pagelaran ilmiah mahasiswa bahasa arab se Asia Tenggara, Rabu 18 Desember 2019. Proses penyelenggarannya digawangi Oleh Forum Ilmiah Mahasiswa Magister PBA ( FIM-MPBA).

Forum yang digelar di Pascasarjana IAIN Tulungagung di Auditorium Lantai 5 Pascasarjana Tulungagung ini dihadiri para tokoh bahasa arab dari berbagai negara.
Seperti Ahmad Faiz Luqman Bin Abdul Hamid dari Malaysia, Anwa Wae Useng dari Thailand, dan Abdul Mu'in Mushofa Alkhindy dari Libya.

Sementara itu, para akademisi dari kampus perguruan tinggi agama islam yakni Mubasyir UIN Surabaya, Haryanto UIN Mataram, Bayu Permadi dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, Nizar Hulaymi IAIN Palangkaraya, dan Abdul Aziz dari IAIN Tulungagung.

Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung Ahkyak mengatakan kegiatan pagelaran ilmiah mahasiswa bahasa arab ini baru pertama kali digelar. Sebab, cakupannya internasional.

"Ini luar biasa, saya sangat mengapresiasi," kata dia.

Akhyak menuturkan, ada pertemuan ilmiah selain menambah keilmuan juga mempererat tali silaturohmi. Sebab, adanya forum-forum ini menghidupkan semangat belajar.

"Bahasa arab adalah kunci ilmu pengetahuan dan agama. Bahasa arab adalah bahasa ahli surga. Jadi kita sebagai penggerak bahasa arab harus bangga," terang dia.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini para mahasiswa bisa semakin semangat menekuni bahasa arab. Dan, antusiasnya meningkat.

Sementara itu, usai digelar forum ilmiah tersebut rentetan acara memperingat hari bahasa arab sedunia pun banyak. Seperti halaqoh apresiasi makna tumpengan sebagai tradisi islam nusantara dan temu alumni pendidikan bahasa arab  S1 &  S2 STAIN/IAIN tulungagung Oleh Ikatan Alumni Bahasa Arab Iain Tulungagung.

Kemudian ada parade puisi dan syair  bahasa arab berantai. Yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan  Bahasa dan Sastra Arab FUAD IAIN Tulungagung  bersama Ittihadu Thollabah Arobiah (ITHLA) Jawa Timur Bali NTB, di depan Kantor PSTT IAIN Tulungagung,

Ada pula kreasi lalaran nadhzom Alfiah Ibnu Maliki Bait 802-1002. Dilaksanakan Dewan Asatid Makhad Aljamiah IAIN Tulungagung.

Khotmil quran bersama para Hafidz Hafidho, Oleh Para Dosen bahasa Arab IAIN Tulungagung dan Hufadz Mahasantri Ma’had Aljamiah.

Muasykar Lughoh al arobiyyah atau Arabic Camp Program Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan  PBA  IAIN Tulungagung    di Gedung Arif Mustakim dan Area  Lapangan IAIN Tulungagung. Musabaqoh Khitobah bahasa Arab , Musabaqoh  Ghina araby dan Musabaqoh Masrokhy Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan  PBA  IAIN Tulungagung di Gedung Arif Mustakim dan Area  Lapangan IAIN Tulungagung

Musabaqoh Kaligrafi, Musabaqoh Malik/malikah Lughoh Arobiah, dan Musabaqoh Taqdimul Qishoh bil lughoh Arobiah Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan  PBA  IAIN Tulungagung di Gedung Arif Mustakim dan Area Lapangan IAIN Tulungagung.

Ada pula Musabaqoh Imathoh dan Munadharah Ilmy Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan  PBA  IAIN Tulungagung di Gedung Arif Mustakim dan Area Lapangan IAIN Tulungagung.

Dan, pesta Kembang Api dalam agenda gelegar malam peringatan hari bahasa Arab sedunia Oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan  PBA  IAIN Tulungagung. (Roj)