Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Visitasi Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Tulungagung- Program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka Assesment Lapangan (AL) Visitasi Akreditasi pada tanggal 29 sampai 30 Maret 2021 secara daring via zoom cloud meeting yang disediakan oleh BAN-PT.

Visitasi tersebut dihadiri oleh dua tim asesor dari BAN-PT yakni dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Dr. H. Yayan Nurbaya, M.A., dan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Dr. Hisyam Zaini, M.A., selain itu Kedatangan tim tersebut disambut oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala Biro AUAK, kepala Lembaga, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Kaprodi, sekprodi serta seluruh dosen di lingkungan Pascasarjana IAIN Tulungagung dalam agenda pembukaan Asesmen Lapangan hari ini.

Prof Dr. H. Akhyak, M.Ag. Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, menyampaikan selamat datang kepada para asesor dan para tamu undangan. Kemudian memohon kepada Rektor untuk memberikan sambutan dan membuka acara Visitasi ini.

Prof Dr. H. Akhyak, M.Ag. dalam sambutannya seputar eksistensi Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab serta kondisi terkini dari prodi yang ada di Pascasarjana IAIN tulungagung. Pascasarjana IAIN Tulungagung memiliki visi yang besar untuk menjadi kampus berkulitas tinggi. Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung dalam sambutannya juga memohon kepada tim asesor untuk memberikan bimbingan dan arahan terkait pengelolaan program studi dan perguruan tinggi yang ideal, dan memenuhi standar pengelolaan perguruan tinggi nasional.

Dalam pembukaan ini, Prof. Dr. H. Yayan, M.Ag., sebagai tim asesor menjelaskan bahwa Proses visitasi, merupakan tahap lanjutan dari Desk Evaluation terhadap borang akreditasi prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab. Tim asesor bertugas melakukan klarifikasi atau Check and Balance antara isi borang yang diterima dengan melihat secara faktual di pascasarjana IAIN Tulungagung secara daring, terkait dengan tujuh standart yang meliputi tata pamong, penjaminan mutu, proses pembelajaran dan lain lain, termasuk juga melakukan wawancara secara online melalui zoom kepada pihak pengelola pascasrajana dan Prodi Pendididkan Bahasa Arab (PBA).

Dr. H. Kojin, MA., Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa Arab yang didampingi Sekprodi Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Bersama Tim LPM, tim boring III A dan III B dua hari penuh diwawancarai dan di audit secara serius tentang pertanggungjawaban akademik dalam dinamika prodi selama 3 tahun. Tim boring IIIA dan III B lumayan serius juga untuk memberikan data data pendukung kepada asesor yang telah mewancarai secara outentik, detail dan menyeluruh. Setelah melalui tahapan visitasi akreditasi ini, jajaran pengelola Prodi memiliki harapan agar memperoleh predikat akreditasi yang terbaik untuk Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di tahun ini.