Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Asesor BAN- PT Kunjungi Program Studi Megister Ilmu Alqurán dan Tafsir Pascasarjana IAIN Tulungagung

Program studi Ilmu Al Qurán dan Tafsir Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, telah mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi akreditasi, tanggal 20 sampai 21 Desember 2020.

Visitasi tersebut dihadiri oleh dua tim asesor dari BAN-PT yakni Prof. Dr. Yusuf Rahman, M.A, Ph.D dari UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta dan Dr. Abdul Muhaya,M.A dari UIN Walisongo Semarang. Kedatangan tim tersebut disambut oleh Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Kaprodi serta seluruh dosen di lingkungan Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Diawal sambutannya, Prof Dr. Akhyak, M.Ag. Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, mengucapkan selamat datang kepada para asesor via online melaluizoom. Kemudian menjelaskan seputar pendirian Pascasarjana IAIN Tulungagung dan Prodi Ilmu al Quran dan Tafsir serta kondisi terkini dari prodi yang ada di Pascasarjana.

Selain itu juga, Prof Dr. Akhyak meminta kepada tim asesor untuk memberikan bimbingan dan arahan terkait pengelolaan perguruan tinggi yang ideal, dan memenuhui standar pengelolaan perguruan tinggi nasional.

Proses visitasi, merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi prodi Ilmu alQurán dan Tafsir. Tim asesor telah melakukan klarifikasi atau check and balance antara isi borang yang diterima dengan melihat secara faktual.

Terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran, termasuk juga melakukan wawancara secara online melalui zoom kepada pihak pengelola khususnya Kaprodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Setelah melalui tahapan visitasi akreditasi ini, jajaran pengelola Prodi memiliki harapan agar memperoleh predikat akreditas yang memuaskan.