Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Upaya Percepatan Penelitian Tugas Akhir Program Doktor melalui Intensive Course

Tulungagung, 25 Januari 2011, Program doctor Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Tulungagung menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Intensive Course Metodology dan Operasionalisasinya dalam Penelitian Disertasi MPI”. Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua dari beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan selama 5 hari dalam rangka evaluasi, pembinaan, dan percepatan penyelesaian penelitian disertasi mahasiswa program Mora angkatan 2018 dan angkatan 2019. Rangkaian kegiatan tersebut terbagi menjadi dua, yaitu kegiatan intensive course dan kegiatan seminar nasional afirmasi. Kegiatan pertama ditujukan untuk menambah penguasaan mahasiswa program doktoral IAIN tulungagung dalam bidang penelitian khususnya secara teoritik dan prakteknya. Sementara yang kegiatan kedua ditujukan untuk memberikan dukungan serta masukan dari berbagai pihak kepada mahasiswa program doctoral yang sedang melaksanakan penelitian disertasi.

Prof. Dr. Akhyak, M.Ag. selaku Direktur Program Pascasarjana IAIN Tulungagung pada saat Opening Speech menyatakan  bahwa “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan urgen bagi mahasiswa program Doktor khususnya Mora 2018 dan 2019 di IAIN Tulungagung. Sangat bermanfaat dan urgen karena di mana-mana ketika beliau menguji disertasi, masih banyak disertasi yang bagian metodenya tidak terdeskripsikan secara operasional dan kebanyakan  masih teoritik. Peran metode dalam penelitian sangat urgen, karena penelitian yang dilakukan oleh peneliti bisa memiliki kesalahan fatal jika metode tidak dioperasionalisasikan secara tepat.” Beliau juga sangat mengapresiasi kaprodi MPI (Prof. Dr. Ach. Patoni, M.Ag) dan sekretarisnya (Dr. Imam Junaris, M.H.I) yang telah memiliki gagasan dan melaksanakan kegiatan ini.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 25 Januari 2021 mulai pukul 19.00 – 23.00 ini menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya. Yaitu, pertama, Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. Guru besar UNESA Surabaya. Beliau merupakan salah satu penulis buku mengenai metodologi penelitian yang banyak dikutip oleh kalangan akdemisi dan peneliti. Beliau memberikan materi yang sangat urgen bagi mahasiswa doktoral, yaitu, metode penelitian yang dimulai dari menjelaskan mengenai pendekatan penelitian, jenis penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, hingga memberikan contoh-contohnya dalam penelitian bidang manajemen pendidikan.

Narasumber kedua mengahadirkan Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd. Guru besar bidang Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan ini, beliau memberikan materi mengenai bagaimana mengoperasionalisasikan riset kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian disertasi Manajemen Pendidikan Islam. Beliau menyampaikan bahwa untuk memulai penelitian kualitatif, seorang peneliti harus memulainya dengan melaksanakan studi preliminary (studi pendahuluan). Studi premiliminary ini sangat penting agar penelitian memiliki bahan yang cukup untuk menulis konteks penelitian dan menentukan key informan (informan kunci). Karena fokus penelitian kualitatif berangkat dari fakta-fakta di lapangan, bukan berangkat dari teori.

Prof. Yatim Riyanto, M.Pd. menyampaikan juga bahwa kegiatan ini sangat manarik dan penting, karena salah satu komponen penting dalam penyelesaian disertasi yang berkualitas adalah dengan penguasaan methodology, dan salah satu unsur berkualitas tidaknya disertasi terletak pada bagaimana bab III (metode penelitian) disusun oleh peneliti. Beliau juga sangat mengapresiasi atas terselenggaranya rangkaian kegiatan ini, menurut beliau, Rektor dan Direktur pascasarjana IAIN Tulungagung sangat kreatif untuk mendorong mahasiswa doktornya agar penyelesaian studinya dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Beliau menegaskan “Kegiatan seperti ini hanya ada di IAIN Tulungagung, dan perguruan tinggi lain dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh IAIN Tulungagung”.