Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Program Studi Magister Hukum Ekonomi Syariah Hadapi Visitasi Akreditasi

Tulungagung- Program studi Magister Hukum Ekonomi Syariah (HES) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka Assesment lapanan  visitasi akreditasi, tanggal 1 sampai 2 Februari 2021 secara daring via zoom cloud meeting yang disediakan oleh BANPT.

Visitasi tersebut dihadiri oleh dua tim asesor dari BAN-PT yakni Dr. Muhammad Taufiki, M.Ag. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Abdul Mujib, M.Ag UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedatangan tim tersebut disambut oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala BiroAUAK, kepala Lembaga, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Kaprodi, sekprodi serta seluruh dosen di lingkungan Pascasarjana IAIN Tulungagung dalam agenda pembukaan Asesmen Lapangan. Hadir pula dalam pembukaan AL daring ini Prof. Dr. Mohamad Nur Yasin, SH, MAg. Ketua POSDHESI Indonesia, Direktur Pascasarjana IAIN Jember Prof Dr KH Abdul Halim Soebahar MA. Dr. Ahsin Wijaya, M.Ag Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo, Dr. Ahmad Subakir, M.Ag, Wakil Rektor IAIN Kediri, Dr. H. Riduwan, M.Pdi Rektor IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk, Dr. H.A. Mufrod Teguh Mulyo, M.H. Rektor UNU Surakarta, Dr. Sukarji, M.Ag Ketua STAI Diponegoro Tulungagung. H. Nurul Amin, M.Ag Ketua STAIM Tulungagung, Dr. Muhsin, M.Ag Kemenag Tulungagung dan juga Para Alumni S2 HES.

Prof Dr. H. Akhyak, M.Ag. Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, sebagai pembawa acara pembukaan mengucapkan selamat datang kepada para asesor dan para tamu undangan. Kemudian memohon kepada Rektor untuk memberikan sambutan dan membuka acara Visitasi ini.

Rektor IAIN Tulungagung, Prof. Dr. H. Maftukhin, M.Ag  memberikan sambutan penuh humor namun tetap wibawa dalam menyambut kedatangan Tim Asesor BANPT ini. Rektor menjelaskan seputar eksistensi  Prodi Magister Hukum Ekonomi Syariah serta kondisi terkini dari prodi yang ada di Pascasarjana IAIN tulungagung. IAIN Tulungagung memang berada di desa plosokandang, kampus yang ada dipenjuru paling selatan Provinsi Jawatimur, tetapi kami memiliki visi yang besar untuk menjadi kampus berkulitas tinggi. Rektor kampus dakwah dan perdabann ini dalam sambutannya  juga memohon kepada tim asesor untuk memberikan bimbingan dan arahan terkait pengelolaan program studi dan perguruan tinggi yang ideal, dan memenuhi standar pengelolaan perguruan tinggi nasional.

Dalam pembukaan ini, Dr. Muhammad Taufiki, M.Ag  sebagai tim asesor menjelaskan bahwa Proses visitasi, merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi prodi Magister Hukum Ekonomi Syariah. Tim asesor bertugas melakukan klarifikasi atau check and balance antara isi borang yang diterima dengan melihat secara factual di pascasarjana IAIN Tulungagung secara daring,  terkait dengan  tujuh standart yang meliputi tata pamong, penjaminan mutu, proses pembelajaran dan lain lain, termasuk juga melakukan wawancara secara online melalui zoom kepada pihak pengelola pascasrajana dan  prodi Magister Hukum Ekonomi Syariah.

Dr. Iffatin Nur, M.Ag Kaprodi Magister Hukum Ekonomi Syariah yang didampingi Sekprodi Reny Puspitasari, M.Sy Bersama Tim LPM, tim boring III A dan III B dua hari penuh diwawancarai dan di audit secara serius tentang pertanggungjawaban akademik dalam dinamika prodi selama 3 tahun. Tim boring IIIA dan III B lumayan serius juga untuk memberikan data data pendukung kepada asesor yang telah mewancarai secara outenstik, njlimet dan menyeluruh. Setelah melalui tahapan visitasi akreditasi ini, jajaran pengelola Prodi memiliki harapan agar memperoleh predikat akreditasi yang terbaik.