Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Magister PGMI Pascasarjana IAIN Tulungagung Menggelar Seminar Nasional

Tulungagung (23/11/2019) - Dalam rangka penguatan eksistensi program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menyelenggarakan event seminar Nasional tentang pendidikan karakter. Kegiatan ini diselenggarakan bersama gugus Depan Pramuka IAIN Tulungagung. Seminar ini bertemakan “Revitalisasi Gerakan Pramuka Menuju Generasi yang Produktif di Era Milenial ” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 November 2019 bertempat di Auditorium Pascasarjana IAIN Tulungagung. Dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Suyatno, sebagai narasumber utama sekaligus beliau merupakan WaKa Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Binawasa, Yasip narasumber kedua dari pihak Kwarcab Tulungagung, dan Prim Masrokan ketua Program Studi Magister PGMI Pascasarjana IAIN Tulungagung sebagai narasumber ketiga. Sedangkan moderator dalam acara ini adalah Zaini Fasya, yang juga sebagai ketua gugus depan 03-113. Keynote speaker seminar ini oleh Akhyak sebagai direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Memperingati hari jadi UKM Pramuka IAIN Tulungagung ke-32, UKM Pramuka IAIN Tulungagung mendapat kesempatan bekerjasama dengan pascasarjana untuk menggelar Seminar Nasional Kepramukaan. Kegiatan ini yang dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III, Abad Badruzaman yang juga selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing gugus depan (Kaharmabigus) Pramuka IAIN Tulungagung ini mendapat respon yang sangat positif, serta penuh antusias dari berbagai kalangan pramuka dan kalangan umum. Terdaftar sekitar 300 peserta dari berbagai daerah hadir pada kegiatan ini. Dalam sambutanya Abad Badruzaman mengungkapkan, “Dari 13 UKM di IAIN Tulungagung, Pramuka merupakan salah satu UKM yang memiliki kegiatan kreatif dan inovatif. Kegiatan Pramuka IAIN Tulungagung ini luar biasa karena yang biasanya peminat hanya sedikit, namun acara ini bisa dihadiri oleh banyak peserta”. Kegiatan yang juga dihadiri oleh jajaran pembina Gugus depan Pramuka IAIN Tulungagung ini dimeriahkan oleh penampilan kesenian khas Tulungagung “Reog Kendang” yang merupakan persembahan dari unit kesenian, yaitu salah satu unit yang ada di struktur organinsasi Pramuka IAIN Tulungagung.

Dalam ceramahnya, Prim Masrokan menegaskan tentang pentingnya pendidikan karakter para pemuda dan remaja dalam menghadapi perkembangan zaman yang terus melaju dengan cepat ini. Dengan diselenggarakannya seminar ini diharapkan akan muncul generasi muda yang handal sebagai ujung tombak pendidikan karakter yang mampu melakukan penyesuaian dan inovasi pendidikan yang dapat  menjawab tantangan dan mengimbangi perkembangan zaman di era milenial ini.