Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Pascasarjana Gelar Ujian Terbuka Promosi Doktor Pertama

Tulungagung – Hari Jum’at (24/08/2018) adalah momen yang cukup bersejarah bagi Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Betapa tidak, setelah memiliki program doctor yang dilaunching pada 2015 lalu, akhirnya hari tersebut Pascasarjana IAIN Tulungagung akhirnya bisa menggelar Ujian Terbuka Promosi Doktor untuk kali pertama.

Dalam ujian terbuka tersebut yang menjadi promovendus pertama adalah Muhtarom, yang merupakan Sekretaris PCNU Tulungagung. Bertindak selaku Promotor adalah Direktur Pascasarjana Akhyak dengan Co-Promotor Abdul Aziz dan Ngainun Naim. Sementara Dewan Pengujinya adalah Rektor IAIN Tulungagun sendiri Maftukhin sebagai Ketua Sidang/Penguji, Achmad Patoni selaku sekretaris dengan Anggota Tim Penguji Masdar Hilmy dan Ahmad Tanzeh serta Promotor dan Co-Promotor.

Muhtarom sebagai promovendus pertama harus mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah/Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan” di hadapan dewan penguji. Atas kemampuannya tersebut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni IAIN Tulungagung itu oleh dewan penguji diberikan predikat lulus dengan “sangat memuaskan”. Sehingga Muhtarom dinobatkan sebagai Doktor Pertama di Progam Doktor IAIN Tulungagung.

Ujian terbuka promosi doktor pertama IAIN Tulungagung tersebut pun bertambah istimewa, karena hadir juga sebagai audien para masyayikh dan pengasuh pondok pesantren, seperti KH Abdul Fatah Sufyan, KH Muhson Hamdani, KH Mas’ud, KH Miftah Mahfudz, KH Abdul Hakim dan lain-lain. Hadir juga Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Tulungagung, Kepala SMU Se-Tulungagung, Pimpinan Ormas Keagamaan, Organisasi Kepemudaan, Partai Politik dan tokoh-tokoh perempuan.

Menurut Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, Akhyak, bahwa ujian terbuka yang berlangsung di Lantai 6 Gedung Pascasarjana IAIN Tulungagung tersebut menjadi momentum yang bersejarah bagi IAIN Tulungagung. “Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh awak yang ada di IAIN Tulungagung untuk bekerja lebih semangat demi kemajuan IAIN Tulungagung ke depan,” imbuhnya.(humas)