Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Pascasarjana Gelar Konferensi Internasional ICIIS SSH Pertama

Tulungagung – Tanggal 16 sampai dengan 17 Juli 2018 kali pertama IAIN Tulungagung menggelar konferensi internasional. Konferensi dengan nama International Conference on Interdisciplinary Islamic Studies, Social Science and Humanities (ICIIS-SSH) merupakan kegiatan yang berskala internasional di IAIN Tulungaggung yang dikelola oleh Pascasarjana IAIN Tulungagung. Sesuai dengan namanya konferensi tersebut mengelola isu-isu strategis tentang Studi Islam Interdisipliner, Ilmu Sosial serta Humaniora.

Secara lebih spesifik isu-isu yang diusung dalam ICIIS SSH antara lain Pendidikan, Ekonomi, Hukum dan Syariah, Ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Keagamaan.

Hadir sebagai pembicara dari luar negeri antara lain Dr. Abdul Majid Hakimollahi, Wakil Presiden Relations and International Affairs di al Mustafa International University, Qum, Iran, dengan paper berjudul Faith and Rationality. Azmil Tayeb, Ph.D, Seorang dosen senior pada University Sains Malaysia dengan paper berjudul Islamic Education and Public Discourse in Malaysia and Indonesia. Prof, Dr. Noor Shah Saad, pengajar di Kolej Universiti Perguruan Agama Seri Begawan, Brunei Darussalam, dengan paper berjudul International and Culturally Diverse Learning Environment Element in Teaching and Learning.

Dari dalam negeri hadir sebagai pembicara antara lain Prof. Sumanto Al Qurtuby, dosen Cultural Anthropology at King Fahd University of Petroleum and Minerals, Dhahran, Saudi Arabia dengan paper berjudul Anthropology and Its Contribution to the Study of Islam: History and Contemporary Development serta dari tuan rumah IAIN Tulungagung, Prof. Dr. Akhyak, M.Ag, Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung dengan paper berjudul Strengthening Movement on Character Education in Islamic Society.

Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, Akhyak, dalam sambutannya dalam upacara pembukaan mengatakan, bahwa dengan terlaksananya kegiatan konferensi internasional ini, nama IAIN Tulungagung bisa lebih bergaung di dunia internasional. Selain itu, ini merupakan salah satu cara di mana IAIN Tulungagung bisa memberikan kontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan terutama di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para pembicara dan para peserta yang ikut andil dalam konferensi internasional tersebut. Rektor juga berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan berkembang di tahun-tahun berikutnya dengan isu-isu yang menarik dan bisa memberikan jawaban atas isu-isu yang berkembang dalam berbagai bidang.

Lebih lengkap tentang kegiatan konferensi internasional ICIIS SSH tersebut dapat diikuti di channel youtube IAIN Tulungagung. (mic)