Berita
IAIN TULUNGAGUNG

Pascasarjana Gelar Seminar Nasional Belajar Mengajar Bahasa Asing

Tulungagung – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam pengajaran bahasa asing, Pascasarjana IAIN Tulungagung menyelenggarakan Seminar Nasional di Aula Gedung Pascasarjana IAIN Tulungagung Lantai 5 pada Jum’at (16/03/2018). Seminar tersebut dihadiri oleh mahasiswa pascasarjana dan juga mahasiswa S-1 IAIN Tulungagung dan undangan dari kampus lain.

Mewakili Rektor IAIN Tulungagung, Wakil Rektor III, Abad Badruzzaman dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pihaknya mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Dalam sambutan yang disampaikan dengan Bahasa Arab tersebut, Abad juga menyampaikan selamat datang kepada segenap undangan dan juga Dustin Carrel Cowell dari University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat yang hadir sebagai Keynote Speaker.

Dustin Carrel Cowell selaku keynote speaker menyampaikan materi dengan topik “Teaching English and Arabic as Second Language Using a Student Centered Communicative Approach”. Dalam materi tersebut Dustin menyampaikan bahwa pembelajaran bahasa sebetulnya peserta didik adalah menjadi pusat pembelajaran, sedangkan guru hanyalah fasilitator dan sumber ilmu pengetahuan bagi para peserta didik. Dengan demikian maka seharusnya partisipasi aktif dari peserta didik memiliki porsi terbesar dalam kegiatan belajar mengajar. Intinya adalah bahwa seorang pengajar harus mendorong peserta didik untuk bisa lebih interaktif.

Sementara itu, sebagai narasumber kedua, Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggri Pascasarjana IAIN Tulungagung, Susanto menyampaikan materi dengan topik “Shifting Paradigm from Teaching to Learning: A Teaccher’s Practice to Foster Students’ Involvement in EFL Instruction”. Dalam materinya Susanto menekankan, bahwa proses belajar mengajar bahasa tidak semata-mata untuk mencetak seorang ahli bahasa, melainkan bagaimana para peserta didik untuk bisa menggunakan bahasa tersebut dalam berbagai hal, termasuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai narasumber kedua, Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, Akhyak dalam pemaparannya menyampaikan materi dengan topik “Teacer’s Strategies in Improving the Students Learning Quality”. Dalam materinya, Akhyak menyampaikan pentingnya strategi belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa. Menurutnya, kepekaan untuk menganalisa kondisi siswa dalam belajar akan sangat menentukan ketepatan dalam menentukan strategi belajar. (humas)