Berita
IAIN TULUNGAGUNG

STUDIUM GENERAL PROGRAM DOKTOR (S3) PASCASARJANA IAIN TULUNGAGUNG

Studium General dan Orientasi Studi Mahasiswa Baru Program Doktor IAIN Tulungagung

Angkatan I Tahun 2015

 

Mengawali perkuliahan semester ganjil, Tahun Akademik 2015-2016, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung, mengadakan Orientasi Studi (OS) dan Studium General, pada hari Senin,  28 Desember 2015, bertempat di aula rektorat, lantai III.  Kegiatan yang dimulai jam 08.00 dan berakhir jam 12.00 ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru sejumlah 33 mahasiswa yang diterima dari 50 pendaftar.

Sedianya, Studium General akan dikemas dalam bentuk kuliah umum dengan pembicara Prof. Dr. Thib Raya, M. Th.I,  Dekan FTIK UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta. Namun karena nara sumber berhalangan hadir, maka acara difokuskan pada Orientasi Studi yang disampaikan langsung oleh Direktur Pasca Sarjana IAIN Tulungagung, Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag.

Dalam orientasi tersebut, Prof. Dr. Patoni menjelaskan gambaran kurikulum dan program perkuliahan yang akan ditempuh oleh para mahasiswa baru, yang merupakan angkatan perdana program Doktor di Pascasarjana IAIN Tulungagung. Lebih lanjut, Prof. Patoni menyampaikan bahwa Program Doktor IAIN Tulungagung mengusung konsep keilmuan Manajemen Transformatik Profetik, yang bisa ditempuh dan diselesaikan dalam rentang waktu 6 semester atau 3 tahun.

Keilmuan yang bersifat profetik fokus dalam menjadikan Al Qur’an sebagai landasan berbagai teori keilmuan yang dipelajari. Diharapkan, dengan implementasi nilai-nilai Islam dalam berbagai bidang ilmu, mahasiswa dapat melihat realitas melalui Islam sekaligus menjadikan Islam sebagai tempat berpulang dari segenap permasalahan. Kegiatan Perkuliahan akan dimulai tanggal  04 Januari 2016 dengan matrikulasi beberapa mata kuliah bagi mahasiswa yang berasal/S2 non Manajemen(Ds).